CAKNIA

Review Apple WWDC 2017

HomePod
Apple World Wide Developer Conference 2017

Apple World Wide Developer Conference 2017

Pada ajang WWDC (World Wide Developer Conference) 2017 yang diadakan di San Jose, California mulai hari ini hingga 9 Juni mendatang, Apple memperkenalkan berbagai macam produk dan teknologi terbaru milik mereka. Cukup banyak produk produk terbaru yang diperkenalkan kali ini mulai dari jajaran Macbook dan iMac generasi terbaru, jam tangan pintar, upgrade sistem operasi, hingga hardware terbaru mereka. Event yang akan berlangsung selama beberapa hari mendatang ini akan memperkenalkan berbagai macam pembaharuan OS, System, untuk para undangan developer.

iPad Pro

iPad Pro

iPad Pro 2017

Apple semakin memperhatikan jajaran iPad miliknya. Device terbaru mereka ini, iPad Pro, diklaim oleh Apple memiliki kemampuan proses yang lebih powerful daripada Pc laptop. Dengan ukuran layar 10.5″, yang sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya, iPad Pro dapat menampilkan display dengan resolusi 2224×1668 pixel.

Full Review

iOS 11

iOS 11 Preview

iOS 11 Preview

iOS mengalami cukup banyak upgrade kali ini. Salah satu update yang paling menarik perhatian saya adalah dua framework terbaru yang dibenamkan pada iOS, ARKit (Augmented Reality Kit) dan Core ML (Core Machine  Learning). Ya, iPhone dan iPad yang disupport sekarang dapat menjalankan aplikasi Augmented Reality dan developer dapat membuat aplikasi berbasis AR.

Full Review

iMac (2017)

iMac 2017

iMac 2017

Untuk iMac, mengalami beberapa upgrade pada sisi hardware. Menggunakan Graphic Card generasi terbaru dan monitor dengan ketajaman warna yang lebih tinggi, membuat iMac tidak begitu menarik perhatian saya.

Full Review

Macbook dan Macbook Pro (2017)

Macbook 2017

Macbook 2017

Jajaran Macbook, hanya mengalami upgrade dari sisi harware. Macbook terbaru menggunakan Intel Core M generasi terbaru dan tetap tidak ada penambahan slot usb-c. Jadi, rekan rekan yang akan membeli Macbook tidak akan bisa menancapkan charger dan harddisk dalam waktu yang bersamaan tanpa menggunakan adapter tambahan.

Macbook Pro 2017

Macbook Pro 2017

Sementara itu, lini Macbook Pro menambahkan Touch ID pada jajaran Macbook Pro Touch Bar. Dari sisi hardware juga mengalami upgrade dimana menggunakan Intel Core generasi terbaru serta Graphic Card Radeon untuk versi tertinggi.

Full Review (Macbook)

Full Review (Macbook Pro)

MacOS High Sierra

MacOS High Sierra

MacOS High Sierra

MacOS mengalami cukup banyak upgrade. Hal pertama yang menjadi perhatian saya adalah, Apple menerapkan file system format terbaru milik mereka, APFS (Apple File System) yang ditujukan untuk pengguna Mac yang menggunakan SSD storage. Meskipun APFS sudah diperkenal sejak MacOS 10.3, kali ini Apple menekankan bahwa APFS mengalami peningkatan pada security. Apple juga mengenalkan standart baru untuk video 4K, HEVC (High Efficiency Video Coding), H.265, yang memiliki ratio kompresi yang lebih tinggi dari H.264 sehingga dapat membuat video memiliki size yang lebih kecil dari sebelumnya.

Hal yang menarik perhatian saya adalah Virtual Reality for Mac. Developer sekarang dapat membuat aplikasi virtual reality pada MacOS High Sierra. Awesome!

Full Review

Watch OS

Watch OS 4

Watch OS 4

WatchOS sudah mencapai versi 4. Tidak banyak yang bisa saya review dari jam tangan ini. Semoga saja OS baru ini dapat lebih menghemat penggunaan baterai.

iOS App Store

App Store

App Store

App Store cukup mendapatkan perhatian dari saya. Dengan tampilan baru yang lebih `flat`, App Store memiliki tampilan baru yang cukup berguna untuk pengunjung. Tombol Buy lebih terlihat jelas, diskusi produk terlihat lebih rapi, serta tabs games dan aplikasi dipisah.

Full Review

iMac Pro (new)

iMac Pro

iMac Pro

Lini terbaru dari keluarga iMac ini membuat saya berkata ‘woow’. Dengan menggunakan processor Intel Xeon (8-, 10-, 18-core), “ya saya tidak sedang typo, iMac Pro menggunakan 18-core processor”, menjadikan iMac Pro menjadi salah satu perhatian pada WWDC kali ini. iMac Pro memang ditujukan untuk pengguna dengan fungsi kerja render video, 3D, game VR, dan segala hal yang berkaitan dengan komputasi graphic.

Full Review

Homepod (new)

HomePod

HomePod

Produk ini bisa dibilang produk terbaru dari Apple. Homepod merupakan speaker aktif dengan menggunakan Siri sebagai sentral command. Artinya, untuk mengontrol Homepad, anda tinggal menggunakan perintah suara “Hey Siri” sebagaimana selama ini berinteraksi dengan iPhone melalui Siri. Apple mengklaim, Homepad dapat mengenali suara anda dalam jarak satu ruangan kamar.

Full Review


RELATED POST

INSTAGRAM
@andikurnia