CAKNIA
READING

Tips Internetan Murah dan Hemat saat Bepergian ke ...

Tips Internetan Murah dan Hemat saat Bepergian ke Jepang

Internet Internasional

Pada postingan sebelumnya, saya menceritakan sedikit bagaimana keseharian selama berada di Tokyo, Jepang. Banyak sekali kawan yang bertanya kepada saya tentang bagaimana cara saya online sepanjang waktu, update story instagram, serta posting keseharian saya di HelloTalk. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan supaya dapat selalu online. Kali ini saya akan sedikit share pada teman teman disini.

Aktifkan Paket Roaming

Cara yang pertama adalah dengan mengaktifkan paket roaming. Roaming merupakan salah satu cara supaya nomor anda dapat digunakan ketika berada di luar negeri dengan meminjam jaringan perusahaan rekanan operator di negara tujuan. Rata – rata smartphone terkini, baik itu android ataupun iPhone sudah dapat menggunakan fasilitas roaming sehingga ini menjadi salah satu cara paling mudah supaya dapat internetan 24 jam tanpa mengganti nomor.

Aktivasi Roaming di Smartphone
Aktivasi Roaming di Smartphone

Sebelum berangkat dari Indonesia, cek terlebih dahulu pada operator telepon anda apakah tersedia paket roaming yang dapat digunakan untuk negara Jepang. Hindari menggunakan paket roaming pada kartu pascabayar untuk menghindari tagihan anda bobol. Untuk pemakaian 7 hari, rata rata anda akan mengeluarkan biaya sekitar 200 ribu – 500 ribu rupiah tergantung operator yang anda pakai.

Paket Roaming Telkomsel Prabayar
Paket Roaming XL Pass

Setelah menghitung biaya yang harus saya keluarkan, saya sendiri memilih menggunakan paket roaming XL selama satu minggu berada di Jepang.

Membeli Kartu Prabayar Jepang

Cara lain untuk menikmati internet adalah dengan membeli kartu prabayar Jepang. Saya sendiri tidak menyarankan memakai cara ini karena harus membuka slot kartu sim dan mengganti sim card dengan nomor baru. Sim card prabayar dapat dibeli di Bandara tujuan seperti Haneda atau Narita tetapi yang harus diingat adalah anda harus memesan sebelum hari kedatangan.

Softbank Rental

Sewa Modem Wifi

Untuk cara ini, dapat dilakukan pada bandara keberangkatan internasional (Soekarno Hatta – Jakarta) atau pada bandara tujuan di Jepang (Haneda / Narita). Biaya yang harus anda keluarkan di atas 300 ribu rupiah. Jika anda menggunakan cara ini, anda harus siapkan powerbank untuk mengecas modem wifi. Jangan lupa untuk mengembalikan modem wifi tersebut sebelum kembali ke Indonesia.

his-travel.co.id
Pickup counter
sumo-wifi.com
Image result for softbank rental haneda
Softbank Rental

Manfaatkan WiFi gratis di ruang publik

Tempat tempat umum, seperti bandara, konbini (supermarket), stasiun, restoran, dll, di kota kota besar seperti Tokyo, memiliki wifi gratis yang dapat anda pergunakan. Rajin rajin cek ketersediaan wifi ketika berada di tempat umum. Hal pertama yang saya lakukan ketika tiba di Bandara Haneda adalah menyambungkan smartphone ke wifi bandara untuk dapat menghubungi orang orang kantor kalau saya sudah tiba dengan selamat.

Wifi Gratis di Haneda
Wifi Gratis di Haneda

Itulah beberapa cara agar dapat selalu online selama berada di Jepang. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya, salam sukses!


INSTAGRAM
@andikurnia