CAKNIA
READING

Menambah iGPU Memory pada AMD Ryzen 5

Menambah iGPU Memory pada AMD Ryzen 5

Seperti yang telah kita ketahui, beberapa waktu yang lalu AMD mengenalkan jajaran processor Ryzen milik mereka dimana GPU sudah terintegrasi di dalam CPU unit. Terdapat dua unit, Ryzen 3 2200G dengan GPU Vega 8 serta Ryzen 5 2400G dengan GPU Vega 11. Beberapa waktu yang lalu saya pun memutuskan untuk merakit PC dengan otak Ryzen 5 dan saya puas dalam pemakaian sehari hari.

Salah satu hal yang mengusik perhatian saya adalah AMD mengabarkan pada situs resminya kalau iGPU pada Ryzen 5 dapat dimaksimalkan penggunaannya hingga 2GB. Tetapi ketika saya cek di task manager Windows 10, iGPU hanya menunjukkan size 1GB dan awalnya saya tidak menemukan settingan untuk mengganti size dari iGPU ini.

GPU bawaan dari Ryzen 5 memiliki memory 1G

Ternyata, untuk mengganti size dari iGPU pada processor AMD Ryzen ini terdapat pada BIOS dan memang tidak akan terlihat jika konfigurasi BIOS masih pada konfigurasi bawaan. Untuk dapat mengganti memory GPU, ikuti langkah langkah berikut ini:

Jika komputer masih dalam keadaan menyala, restart komputer anda

Ketika PC restart / dinyalakan tekan tombol Delete untuk dapat masuk ke dalam BIOS. Setiap motherboard memiliki tombol yang berbeda.

Pilih tab Chipset

Tab Chipset pada Motherboard Gigabyte

Set Integrated Graphic to Forces

Change Integrated Graphic to Force

Set UMA mode to UMA Specified

UMA Specified

Set UMA Frame Buffer Size to 2G. Saya menggunakan 2G sebagai dedicated graphic. Sebagai catatan, APU pada Ryzen menggunakan metode UMA (
Unified Memory Architecture). Jadi pastikan maksimum hanya 20% dari total memory yang dipakai sebagai GPU.

Alokasi 2G eksklusif untuk GPU pada Ryzen

Langkah terakhir adalah simpan konfigurasi tersebut dan restart PC.

Total memory GPU pada Task Manager Windows 10

Saat sudah masuk ke dalam Windows 10 atau OS pilihan Anda, maka iGPU akan terganti menjadi 2GB. Untuk mengecek iGPU sudah terganti, buka aplikasi Task Manager (Windows 10) atau Activity Monitor (Ubuntu). Voila!


RELATED POST

INSTAGRAM
@andikurnia