CAKNIA
READING

Tutorial Mengganti Baterai UPS yang Rusak (APC Bac...

Tutorial Mengganti Baterai UPS yang Rusak (APC Back-UPS 650VA)

UPS APC Back-UPS 650VA

UPS memang menjadi salah satu kebutuhan saat menggunakan PC sehari hari. Alat ini dapat menjaga kestabilan arus listrik serta sebagai cadangan power ketika tiba tiba listrik mati. Tetapi UPS juga memiliki daya tahan pada penyimpanan listriknya. Untuk kasus UPS saya di rumah dengan tipe APC 650 bertahan selama tiga tahun hingga tidak bisa dipakai lagi.

UPS APC Back-UPS 650VA

Lantas bagaimana nasib UPS ketika daya tahan sudah habis? Tenang saja, kita tidak perlu membeli UPS baru terlebih dahulu yang terbilang cukup mahal. Jika kasusnya adalah UPS masih bisa menyala tetapi berbunyi dengan sangat sering, permasalahan biasanya terletak pada baterainya yang soak. Solusinya adalah mengganti baterai UPS sesegera mungkin.

Rata rata baterai UPS menggunakan aki kering khusus yang dapat dibeli di toko toko komputer terdekat. Untuk baterai APC Back-UPS 650VA menggunakan merk CSB, APC, serta G Power. Untuk merk lain juga bisa selama ukuran aki kompatibel dengan ukuran UPS. Saya sendiri menggunakan baterai pengganti merk CSB karena mudah didapat di toko toko terdekat.

Baterai UPS (Kiri) & Baterai Pengganti (kanan)

Untuk mengganti baterai pada UPS tipe ini tidak terlalu sulit. Berikut langkah langkahnya.

UPS ini memiliki 4 buah mur berada pada bagian bawah untuk membuka casing. Gunakan Obeng plus panjang untuk dapat meraih mur yang berada di dalam lubang tersebut.

bagian bawah UPS
membuka baut baut UPS

Balik kembali UPS ke posisi normal dengan hati hati kemudian tarik bagian atas UPS sehingga casing UPS terbuka.

melepas casing UPS

Ketika membuka casing, berhati hatilah agar tidak menarik terlalu keras dikarenakan ada beberapa kabel yang menempel pada casing bagian atas. Pada gambar di bawah ini terlihat ada dua kabel yang menempel pada aki UPS, cabut kabel tersebut dengan melepasnya dari aki.

melepas kabel aki di dalam UPS

Keluarkan baterai dari UPS dan pasang baterai UPS pengganti yang telah disiapkan sebelumnya.

melepas aki dari dalam UPS

Pasang kembali UPS dengan mengikuti cara cara diatas secara terbalik. Langkah terakhir adalah dengan melakukan pengecekan apakah UPS berfungsi kembali dengan normal atau tidak. Colokkan UPS ke listrik dan PC. UPS normal tidak akan berbunyi ketika dipakai. Jika pada saat pemakaian terdapat bunyi beep berulang ulang, maka cek apakah semua telah terpasang dengan benar dan sesuai.


RELATED POST

INSTAGRAM
@andikurnia