READING

Upgrade RAM Laptop: Lenovo Ideapad S340 Ryzen

Upgrade RAM Laptop: Lenovo Ideapad S340 Ryzen

Setelah beberapa waktu menggunakan PC untuk research, menulis, nge game dan urusan pekerjaan, saya memutuskan untuk berpindah menggunakan laptop kembali dikarenakan selama setahun ke depan akan lebih sering berada di luar rumah mengurus sebuah project personal. Keputusan untuk membeli laptop baru Lenovo Ideapad S340 ini bermula dari laptop yang biasa saya pakai menulis tidak dapat memenuhi kebutuhan untuk programming dan desain meskipun daya tahan baterainya masih terbilang cukup baik.

Dikarenakan Ryzen 5 menggunakan GPU jenis shared yang terintegrasi dengan CPUnya, maka bagi saya RAM 8 GB (2GB terpakai untuk GPU) terbilang kecil. Sehingga saya putuskan untuk mengganti RAM DDR4 bawaan dengan yang lebih besar ukurannya. Catatan, RAM pada laptop ini hanya dapat diganti satu keping, sementara satu keping lainnya di solder di motherboard.

Apa yang perlu disiapkan?

  • Obeng T5 x 40mm
  • Obeng plus (+) 1.5 x 40mm
  • Pembuka Casing
  • Memory RAM DDR 4 8GB
  • Wadah untuk menempatkan baut baut

Sebelum membongkar laptop, sebaiknya di cek terlebih dahulu apakah laptop dalam posisi shutdown atau belum. Jika belum, shutdown terlebih dahulu sampai benar benar mati.

Untuk membuka laptop ini terbilang cukup mudah, tinggal buka semua baut yang berada di bagian bawah laptop dengan obeng T5 x 40mm. Ingat, bentuk bautnya bintang, jangan sampai salah menggunakan obeng plus (+) jika tidak ingin mengalami baut dol.

Setelah semua baut dilepas, congkel perlahan lahan dari pinggiran dengan penuh perasaan sampai casing belakang dapat dipisahkan dari laptopnya. Jangan terlalu dipaksa nanti ada bagian yang patah anda sedih

Setelah casing belakang berhasil dipisahkan, perhatikan komponennya. RAM berada di tengah tengah motherboard tertutup plat silver yang digunakan sebagai pendingin. Untuk membuka plat tersebut, cukup dengan menariknya ke atas karena hanya tertahan dengan clip di sisi samping. Tarik dengan perlahan hingga terlepas.

Lepas memory RAM dari slotnya. Kemudian pasang memory yang lebih besar pada slot tersebut. Disini saya menggunakan memory merk TEAM dengan spesifikasi DDR4 โ€“ 2666 | 8GB.

Pasang kembali laptop dengan mengikuti langkah langkah sebelumnya secara terbalik. Sebelum memasang baut, pastikan laptop dapat dinyalakan dengan normal.


RELATED POST

INSTAGRAM
@andikurnia