Pompa ban elektrik adalah penyelamat ketika ban kekurangan angin dan kempes di perjalanan. Tanpa perlu capek menggunakan tenaga berlebih untuk memompa ban secara konvensional, cukup menekan tombol, maka pompa akan bekerja untuk mengisi ban. Pompa ini dapat digunakan untuk berbagai jenis kendaraan, dari sepeda, sepeda motor, bahkan hingga mobil sekalipun.

Kasus yang menimpa saya adalah dikarenakan masa pemakaian yang cukup lama dan sering sekali digunakan, baterai dari pompa ini sudah tidak kuat digunakan untuk memompa ban lagi. Jika biasanya sekali charge dapat memompa 5-6 ban sepeda, sekarang hanya dapat dipakai satu kali pompa dalam satu kali pengecasan. Karena itu, mengganti baterai adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Yang pertama perlu dilakukan adalah membongkar pompa ban ini untuk melihat bagaimana isi di dalamnya. Ini adalah hal yang tricky karena baut baut nya sama sekali tidak terlihat dan disembunyikan dengan sangat rapi. Untuk menemukan bautnya, penutup bagian bawah harus dicongkel terlebih dahulu menggunakan obeng atau pencungkit lainnya.

Setelah terbuka, maka baut baut yang mengunci casing pompa ban ini akan terlihat dengan jelas. Terdapat 4 baut pengunci yang dapat dibuka menggunakan obeng jenis torch atau plus.

Buka baut baut tersebut menggunakan obeng ukuran yang pas. Setelah semua baut terbuka, lepaskan penutup yang mengunci bagian bawah dan dorong ke arah atas sehingga isi bagian dalam pompa dapat dibongkar lebih lanjut

Setelah tahap ini selesai dilakukan, maka komponen komponen penting akan terbuka. Harap berhati hati ketika melanjutkan pembongkaran. Baterai berada di sisi kiri dari pompa ini dan untuk membukanya, komponen PCB untuk display dan tombol tombol harus dilepas terlebih dahulu.

Komponen dalam pompa ban Xiaomi

Membuka komponen PCB ini cukup mudah, terdapat 4 buah baut yang mengunci PCB pada body pompa. Lepaskan dengan hati hati menggunakan obeng plus. Angkat PCB dari tempatnya dengan hati hati, karena dibalik PCB ini terdapat 2 buah konektor yang terhubung dengan komponen lainnya.

Box Baterai pompa Xiaomi
Alat untuk memasang baterai pompa ban

Untuk mengganti baterai, yang harus dilakukan adalah dengan melepas besi sambungan listrik yang tertempel pada baterai (jika susah dapat menggunakan bantuan pinset atau tang kombinasi). Saya menggantinya dengan menggunakan baterai jenis 18650 dengan ukuran total 6000mah. Gunakan solder dan timah untuk merekatkan baterai.

Test dengan baterai baru

Setelah semua selesai, rapikan dan rakit kembali pompa ban ke keadaan semula. Thanks!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published.