READING

Surabayaku, Bersih dan Hijau??

Surabayaku, Bersih dan Hijau??

Pagi ini,seperti hari minggu yang lalu, aku sempatkan diri membaca surat kabar yang biasa kubeli di pasar saat mengantarkan ibu tersayang berbelanja. Banyak juga berita menarik minggu ini, seperti halnya masalah PSB (Penerimaan Siswa Baru) SMA secara Online yang mengalami sedikit masalah. Ada juga berita dari PLN tentang pemadaman listrik yang akan dilakukan secara bergilir, dan masih banyak lagi berita lainnya yang tidak kalah menariknya.

Diantara semua berita itu, ada satu berita yang menurut saya (mungkin juga bagi hampir seluruh penduduk Surabaya) sangat mengejutkan dan aneh.“…Pemerintah pusat mengganjar Surabaya sebagai kota besar yang udaranya paling bersih se-Indonesia……Dibawah Surabaya, menyusul Denpasar, Jakarta Utara, Makassar, dan Yogyakarta…”, demikianlah kutipan berita yang kubaca. Aku langsung tersentak dan bertanya tanya dalam hati kecil ini, apa tidak salah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat yang menyatakan Surabaya merupakan kota dengan udara paling bersih?

Menurutku, pemerintah pusat salah dalam menilai hal tersebut. Surabaya (maaf, bukan maksud untuk menurunkan martabat kota tanah kelahiranku ini) merupakan kota yang penuh dengan polusi. Apalagi di daerah padat lalu lintas sekitar HR.Muhamad hingga Wonokromo, serta daera Simo dan Kupang yang selalu penuh sesak kendaraan bermotor sehingga menimbulkan polusi udara. Dan jika dibandingkan dengan kota kota lain, udara Surabaya justru lebih panas dan kotor.
Yang paling membuatku bingung adalah mengapa pemerintah pusat mengganjar Surabaya dengan title sebagai Kota besar dengan udara paling bersih? Jika hal itu dimaksudkan untuk memotivasi warga Surabaya agar lebih memperhatikan kebersihan dan kehijauan Surabaya, aku mendukungnya. Tapi jika berita ini hanya dimanfaatkan oleh pemerintah local hanya untuk mencari pamor semata, hal itu yang jangan sampai terjadi…..

Hidup terus untuk Surabaya, Tetaplah ‘Bersih dan Hijau’

Copyright: andikurnia@2012

  1. Edi Psw

    16 July

    Setuju!
    Banyak sampah berserakan.
    Banyak lingkungan kumuh.

  2. masenchipz

    16 July

    tpi msh mending bro… gak terlalu macet kayak jakarte… hiks…hiks..

  3. Rush

    17 July

    @masenchipz: iya sih, tapi aku masih belum bisa percaya Surabaya dapat penghargaan kaya gini….bersyukur aja deh aku….

    @edi psw: terima kasih dukungannya pak…

  4. Chic

    17 July

    Jakarta Utara termasuk? aaah yang boong? perasaan tuh daerah gersang.. wakakakaka

  5. yusdi

    17 July

    yak kita mulai dari diri kita sendiri..kita jaga lingkungan ini biar bersih dan bebas polusi…dimulali dari yang kecil2 aja dulu

  6. dimas

    22 July

    surabaya mah mungkin cari nama aja.. mungkin yang dimaskud bersih pembuangan limbah sampah, jakarta kan susah banget tuh mau buang sampah aja harus ke bogor.. klo gak ada penampungan smapah terakhir di wilayah lain mungkn jakarta sampahnya dah segunung..

  7. mie2nk

    22 July

    wah bagaimana bisa ya surabaya bisa dappet predikat seperti itu?? apa yang survey sambi tutup mata ya… :-“

    tapi klo buat memacu warga c q setuju2 ja….

  8. Rush

    23 July

    @mie2nk: mungkin mink….

  9. byme

    5 March

    save our earth
    dukung gerakan ini yah
    cintai kebersihan jangan buang sampah sembarangan apalagi sampah polusi udara
    byme

  10. I hope Surabaya will be the most green city in the Indonesia,
    Difficult huh?
    But its not impossible!
    keep trying!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

INSTAGRAM
@andikurnia
Please Add Widget from here