READING

Review Google Nest Mini (2nd generation)

Review Google Nest Mini (2nd generation)

Google akhirnya merilis salah satu produknya secara resmi di Indonesia. Google Nest Mini (2nd Generation) merupakan salah satu speaker pintar terbaru dari Google yang terintegrasi dengan “Hey Google” atau Google Assistant.

Google Nest Mini

Google Nest Mini dapat dijadikan sebagai speaker aktif, atau sebagai assistant dalam mengontrol berbagai macam smart device di dalam rumah. Saya telah menggunakan Google Nest Mini selama lebih dari seminggu dan pada artikel kali ini akan saya review kelebihan dan kekurangan smart speaker ini.

Unboxing

Google Nest Mini (2nd Generation)
Google Nest Mini (2nd Generation)

Box pembelian Google Nest Mini terlihat cukup simple dan elegan. Bagian depan terlihat logo dari Google di atas, tulisan produk dengan font yang terbilang cukup profesional dan gambar tampilan dari Nest Mini. Tak lupa pula disertakan text Generasi ke-2 yang menunjukkan ini adalah generasi kedua dari lini produk Nest Mini.

Di salah satu sisi box terlihat logo Google Assistant dan text “Ok Google” yang menandakan bahwa speaker ini sangat compatible dengan Google Assistant. Sisi lainnya terlihat cukup banyak logo produk yang dapat terkoneksi dengan speaker ini, seperti Spotify, Google Calendar, Philip Hie, Netflix, dan TP Link. Fitur ini akan kita bahas lebih detail setelah ini.

Google Nest Mini (2nd Generation)
Google Nest Mini (2nd Generation)

Ketika dibuka, isi dari box ini sangat simple. Hanya terlihat sebuah speaker bulat sementara perkabelan dan kitab kitab tertutup oleh sekat dibagian bawah dan samping speaker. Nice Package, Google!

Spesifikasi

Speaker kecil ini memiliki spesifikasi yang cukup lengkap sebagai kategori smart speaker. Salah satu yang paling saya suka adalah tidak adanya tombol fisik dan diganti menggunakan sentuhan. Tap di tengah tengah speaker untuk play/pause, tap di sisi kiri speaker untuk volume down, dan tap di sisi kanan untuk volume up. Untuk spesifikasi detailnya dapat dilihat di bawah ini.

DimensionsDiameter: 3.85 in (98 mm)
Height: 1.65 in (42 mm)
Power cable: 1.5 m
Weight181 g
Supported Audio FormatsHE-AAC, LC-AAC, MP3, Vorbis, WAV (LPCM), Opus, FLAC with support for high-resolution streams (24-bit/96KHz)
Wireless Connectivity802.11b/g/n/ac (2.4 GHz/5 GHz) Wi-Fi, Bluetooth 5.0, Chromecast
Wired ConnectivityDC power jack
SensorsCapacitive touch controls, 3 far-field microphones
Audio360-degree sound with 40 mm driver
Microphones3 far-field microphones, Voice Match technology
Power15 W power adapter
Supported Operating SystemsAndroid, iOS
ColorsChalk, Charcoal, Coral, Sky

Kualitas Suara

Suara yang dihasilkan dari speaker kecil ini bisa dibilang cukup bagus. Kebanyakan lagu yang saya dengarkan adalah genre pop, dangdut, kpop, dan acoustic. Untuk treble dan bass terbilang cukup balanced. Vocal sendiri terdengar renyah di telinga. Saya cukup terkejut dengan kerasnya suara speaker ini ketika volume di set ke maksimum, suara masih terdengar jelas dan tidak ada suara kemresek.

Google Assistant & Google Duo

Salah satu fitur yang terdapat pada smart speaker ini adalah sudah terintegrasi dengan Google Assistant. Untuk mengaktifkannya, cukup dengan mengatakan, “Hey Google” / “Ok Google” pada jangkauan pendengaran mic pada speaker. Minusnya adalah, jika terdapat device lain yang mengaktifkan fitur Google Assistant dan “Hey Google” seperti smartphone android, maka Google Assistant akan terpanggil juga di device tersebut.

Fitur lainnya adalah Google Duo yang memungkinkan speaker ini dapat ditelepon menggunakan smartphone yang terdaftar. Ini sangat berguna sekali untuk mengecek kondisi kamar, seperti membangunkan yang sedang tertidur di kamar, atau untuk berkomunikasi antar satu ruangan dengan ruangan lainnya. Tentunya harus memakai lebih dari satu Nest Mini.

Smart Home

Google Nest Mini menggunakan aplikasi Google Home sebagai hub untuk smart home. Yang artinya, semua smart device yang support protocol milik Google Home dapat terkoneksi dengan smart speaker ini serta Google Nest Mini juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan device tersebut. Tercatat hingga kini sudah lebih dari 5000 smart device yang terkoneksi dengan Google Home. Beberapa produk yang support protocol Google Home, antara lain:

  • Philip Hue
  • Tuya Smart
  • Bardi Technologies
  • Dll

Dibanderol dengan harga Rp 799.000,- di Google Official Store, Google Nest Mini merupakan salah satu speaker yang dapat digunakan baik untuk sekedar mendengarkan musik di ruangan, ataupun sebagai remote control smart home, baik dari suara ataupun dari kendali smartphone. Recommended!


INSTAGRAM
@andikurnia